2024-05-19

CENLAPROPERTY

Website Real Estate Terbesar di Indonesia

Ferry Unardi Membangun Gojek dari Ide hingga Unicorn Global

3 min read
Ferry Unardi Membangun Gojek dari Ide hingga Unicorn Global
Spread the love

Ferry Unardi adalah salah satu tokoh terkemuka dalam dunia teknologi dan bisnis Indonesia yang terkenal karena perannya dalam mendirikan dan mengembangkan perusahaan raksasa teknologi, Gojek. Artikel ini akan mengulas perjalanan karier dan peran Ferry Unardi dalam menciptakan Gojek. Sebuah fenomena dalam industri teknologi dan layanan transportasi online.

Mengenal Ferry Unardi

lahir pada tanggal 26 Juni 1980 di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Ia adalah anak dari pasangan Sumardy dan Tjoa Lie Sioe. Pendidikan dasarnya ditempuh di SD Maria Fatimah Surabaya dan SMP Maria Immaculata Surabaya. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMAK Frateran Surabaya. Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Ferry Unardi melanjutkan studi di Fakultas Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Setelah lulus dari ITS, ia meraih gelar Master of Science di bidang Manajemen Teknologi dan Inovasi dari International Institute of Management Development (IMD) di Lausanne, Swiss, pada tahun 2003. Pendidikan di IMD membekali Ferry Unardi dengan pengetahuan dan wawasan yang sangat berharga dalam mengembangkan bisnis di era digital.

Awal Ferry Unardi Mula Gojek

Kisah sukses Gojek bermula dari ide sederhana Ferry Unardi dan tiga rekannya, yakni Nadiem Makarim, Kevin Aluwi, dan Michaelangelo Moran. Mereka memiliki visi untuk menciptakan platform yang akan membantu orang untuk memesan berbagai jenis layanan melalui ponsel mereka, mulai dari ojek hingga layanan pengiriman barang. Inisiatif ini dimulai pada tahun 2010, ketika keberadaan aplikasi berbasis ojek online masih jarang dikenal.

Keunikan dari Gojek adalah bahwa tidak hanya mereka menawarkan layanan transportasi ojek online, tetapi juga berbagai layanan lainnya seperti pengiriman makanan, kurir, layanan kebersihan, dan bahkan tiket konser. Gojek muncul sebagai solusi inovatif untuk mengatasi masalah transportasi dan kebutuhan sehari-hari di Indonesia yang seringkali macet dan terbatas aksesnya.

Perjuangan dan Pertumbuhan Gojek ( Ferry Unardi )

Perjalanan Gojek tidaklah mudah. Pada awalnya, mereka harus menghadapi berbagai tantangan seperti persaingan dengan layanan ojek tradisional dan regulasi yang belum mendukung. Namun, dengan semangat pantang menyerah, Ferry dan timnya terus mengembangkan aplikasi Gojek dan berfokus pada memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan.

Saat mereka mulai mendapatkan perhatian dan dana investasi, Gojek mampu memperluas cakupan layanannya ke berbagai kota di Indonesia. Pertumbuhan perusahaan ini sangat cepat dan memukau. Mereka juga terus memperkenalkan inovasi baru seperti layanan pembayaran digital GoPay, yang semakin mengkonsolidasikan posisi Gojek sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia.

Gojek sebagai Unicorn Global

Gojek berhasil mencapai status “unicorn,” yaitu perusahaan startup dengan valuasi lebih dari satu miliar dolar AS, pada tahun 2016. Keberhasilan ini menjadikan Gojek sebagai salah satu perusahaan teknologi paling berharga di Indonesia dan Asia Tenggara. Di bawah kepemimpinan Ferry Unardi sebagai salah satu pendiri, Gojek terus berkembang dan memperluas cakupan bisnisnya ke berbagai negara di Asia Tenggara.

Selain menjadi aplikasi transportasi dan layanan sehari-hari yang sangat populer di Indonesia, Gojek juga mulai merambah ke bisnis lain seperti layanan keuangan, e-commerce, dan pengiriman. GoPay, yang merupakan layanan pembayaran digital Gojek, juga tumbuh menjadi salah satu dompet digital paling digemari di Indonesia.

Kontribusi Ferry Unardi dalam Ekosistem Startup

Ferry Unardi tidak hanya menjadi salah satu pendiri sukses dalam dunia teknologi Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam ekosistem startup di Asia Tenggara. Ia sering berbagi pengalaman dan pengetahuannya melalui berbagai acara dan konferensi. Kontribusinya dalam memberikan inspirasi dan dukungan bagi para pengusaha muda dan startup di Indonesia sangat berharga.

Selain itu, Gojek juga terlibat dalam berbagai inisiatif sosial dan keberlanjutan yang telah memberikan dampak positif pada masyarakat Indonesia. Mereka terlibat dalam program-program seperti pelatihan ojek untuk keselamatan lalu lintas, peningkatan kesejahteraan mitra pengemudi, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Ferry Unardi adalah contoh nyata seorang wirausaha yang berhasil merubah industri dengan visi, kerja keras, dan inovasi. Melalui Gojek, ia telah mengubah cara orang-orang di Indonesia dan Asia Tenggara mengakses layanan transportasi dan kebutuhan sehari-hari. Kisah suksesnya adalah inspirasi bagi banyak pengusaha muda dan merupakan bukti bahwa dengan tekad dan visi yang kuat, mimpi besar bisa diwujudkan menjadi kenyataan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.